Minggu, 28 Februari 2010

Masjid di Sumatera Utara

1. Mesjid Raya Al Mahsum

Mesjid Raya Al Mahsum merupakan salah satu peninggalan Kesultanan Deli yang asih berdiri tegak dan dimanfaatkan sebagi tempat ibadah dan Syiar Islam. Mesjid ini dibangun oleh Sultan Deli Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah IX pada 21 Agustus 1906 dan selesai dibangun pada 10 September 1909. Mesjid ini dirancang oleh arsitektur Belanda bernama Dingemans. Mesjid raya ini memmiliki arsitektur bergaya Timur Tengah, India dan Spanyol.


2. Mesjid Raya Al Osmani
Mesjid Raya Al Osmani terletak ditepi Jalan Medan-Belawan tepatnya Jalan Yos Sudarso, Pekan Labuhan. Mesjid Al Osmani merupakan Mesjid tertua dikota Medan dibangun pada masa kekuasaan Sultan Deli bernama Sultan Mahmud tahun 1824, yang terbuat dari kayu. Pada tahun 1884 ketia Kesultanan Deli diperintah oleh Sultan Mahmud Perkasa Alam mesjid ini dipugar menjadi permanan dengan gaya arsitektur Melayu, Timur Tengah, Spanyol, India dan Cina.


3, Mesjid Azizi

Mesjid Azizi yang terletak di Tanjung pura Kabupaten Langkat merupakan salah satu mesjid peninggalan Kesultanan Langkat. Dibangun Oleh Sultan Abdul Aziz Jalil Rahmatsyah pada tahun 1902.Bangun ini memiliki kesamaan dengan Mesjid Raya Al-Mahsum milik kesultanan Deli, hal ini disebabkan adanya hubungan kekerabatan antara Su;tan Deli dengan Su;tan Langkat.


4. Mesjid Sulaimaniyah
Mesjid Sulaimaniyah terletak di Perbaungan yang merupakan ibukota kerjaan Kesultanan Serdang setelah pindah dari Ranto Panjang (Panti Labuh). Mesjid Ini dibangun pada masa kekuasaan Sultan Serdang yang bernama Sultan Sulaiman Sariful Alamsyah pada tahun 1901

Tidak ada komentar:

Posting Komentar